Minggu, 11 November 2012

IBSI SCOUT 2012

Awal tercetusnya kegiatan ini dikarenankan kegiatan pramuka SDIT Ibnu Sina yang sering mengikuti perlombaan dalam berbagai tingkat dan selalu meraih prestasi atau juara. Hal inilah yang membangkitkan para pelatih dan pembina Pramuka tertantang untuk mengadakan perlombaan pramuka tingkat SD/MI tingkat DKI Jakarta. Akhirnya di rancanglah oleh Pa Irul dan Ka Surya untuk membuat sebuah proposal kegiatan. Namun ketika berdiskusi dengan Direktur Eksekutif Yayasan Ibnu Sina Nurhadi.S.IP.,M.M. merespon dengan baik kegiatan ini untuk dilaksanakan. Dan Pa Nurhadi (di panggilnya) memberikan komentar agar kegiatan ini di kemas dengan sebaik mungkin, diawali dengan nama kegiatan yang di kemas dengan nama berbeda dari biasanya. Kalau di tempat lain lebih deikenal dengan Lomba Regu Prestasi (LRP), dan Ibnu Sina harus mempunyai nama lain walaupun isinya sama.
Setelah berdisusi dengan Pa Nurhadi, kemudian dilanjutkan ke Kepala SDIT Ibnu Sina Arviantoni Sadri,S.P.,M.Si. Dan Pa Anton (di panggilnya) pun mersepon baik setelah mendapat penjabaran secara terperinci hasil diskusi dengan Pa Nurhadi. Mengetahui pesan dari Direktur Eksekutif untuk memberi nama yang menarik akhirnya tercetuslah nama kegiatan IBSI SCOUT ( Ibnu Sina Student Competition of Universal Skill and Technology). dan dimulailah membuat proposal sebagai pengajuan kegiatan ke pihak sekolah dari panitia. Yang menariknya lagi, dalam kegiatan ini adalah dalam upacara pembukaan akan menggunakan bahasa Inggris, karena SDIT Ibnu Sina adalah sekolah dwi bahasa atau sudah menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Dalam kategori jenis perlombaan yang menjadi ciri khas pramuka Ibnu Sina adalah poster diganti dengan kaligrafi, tahfidz (hafalan Qur'an) dan komputer. Dikarena SDIT Ibnu Sina berlandaskan keagamaan dan tehnologi dini, maka dimasukkan jenis perlombaan yang mengarah kepada dasar sekolah.
Respon dari setiap peserta yang hadir dalam technical meeting, semua pelatih dan pembina merespon dengan baik dengan adanya kegiatan ini. Terutama untuk pramuka yang tergabung dalam JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) berharap pramuka SDIT Ibnu Sina menjadi pelopor penggerak bagi kegiatan pramuka SDIT se Jakarta. Karena pramuka JSIT di Jawab Barat sudah terkoordinir dengan baik sampai tingkat Kabupaten Kota. Maka para Pembina pramuka SDIT memberikan saran agar pramuka SDIT Ibnu Sina menjadi pelopor untuk mengkoordinir Pramuka JSIT se Jakarta.
Ada beberapa sekolah yang mengikuti perlombaan. Dari SD negeri mengirim beberapa regu dan SDIT juga mengirim anak didiknya untuk mengikuti kegiatan ini. Terkumpulah 16 regu yang mengikuti Ibsi SCOUT. 
Tepat pada hari pelaksanaan hari minggu, 11 - Nopember - 2012 kegiatan ini di laksanakan. Semua perta yang sudah mendaftar datang untuk menghadiri dan mengikuti upacara Ibsi SCOUT. Nampak antusias dari wajah para peserta untuk mengikuti setiap jenis lomba yang diadakan.Dalam acara ini juga di hadiri dari pihak perwakilan Kwartir Cabang Jakarta Timur Ka Untung Santoso dan perwakilan dari Krwtir ranting Duren Sawit Ka Poniman. 
Waktu demi waktu berjalanlah setiap pos, peserta mengikuti tugas setiap pos yang menjadi syarat untuk mendapatkan nilai. Tanpa terasa watku sudah siang dan seluruh peserta sudah menyelesaikan tugasnya, dan terkumpulah nilai-nilai dari setiap pos. Pada saat rekap nilai berlangsung ternyata ada berbeapa peserta yang tidak mengumpulkan jawaban morse.
Diakhir pengumuman pemenang, para peserta sudah menunggu hasil dari perlombaan. Pemenang pun di umumkan.
Seluruh peserta puas dengan hasil yang mereka raih, Pembina dan pelatih pun senang ketika mengetahui adik-adiknya menjadi juara. Dan harapan panitia kegiatan ini dapat terlaksana kembali dan semakin banyak lagi peserta yang akan mengikuti. Serta hadiah uang pembinaan dapat bertambah.
Ayo cari tahu lagi info Ibsi Scout 2013 di facbook pramuka ibnu sina atau di blog pramuka Ibnu sina...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar