Kamis, 17 Januari 2013

Awal Tahun Banjir......

Ketika hujan mengguyur Ibu Kota Jakarta, banyak daerah yang terkena banjir. Sampai bunderan HI yang biasanya tidak terkena banjir akhirnya luluh juga dengan datangnya air yang menggenangi bunderan HI. Hal ini biasanya terjadi setiap 5 tahun sekali. Kalau menurut orang banyak disebut dengan sikls 5 tahunan. 
Namun hal ini tidak hanya terjadi di Jakarta saja. Di beberapa negara lainnya juga mengalami perubahan kondisi alam yang cukup ekstrim. Seperti di China terjadi kabut yang sangat pekat. Di Jepang badai salju. Sedangkan Autralia terjadi kebakaran yang membakar hutan dengan cepat. 
Banjir yang terjadi di Ibu Kota tidak lain ada beberapa indikator penyebabnya. 
1. Kondisi cuaca yang cukup ekstrim. Yang akan terus terjadi sampai bulan Februari.
2. Ulah manusia itu sendiri diantaranya: 
a. Membuang sampah sembarangan.
b. Penyempitan jalur air di beberapa kali besar di Jakarta, karena warga membuat bangunan ilegal di bantaran kali. 
c. Pembangunan gedung-gedung bertingkat yang tidak memperhatikan ruang terbuka hijau. 
d. Kebijakan Pemkot yang tidak tegas terhadap pembangunan gedung-gedung besar.
Semua ini harus menjadi perhatian kita bersama, agar lingkungan tetap terjaga dengan baik dan tetap dapat dinikmati hingga anak cucu.
Seandainya Dasa Dharma Pramuka dapat dijalankan dengan baik oleh kita semua. Pastilah hal ini tidak akan terjadi, karena pada isi Dasa Dharma Pramuka terdapat kalimat untuk menjaga alam sekitar dan sesama mahluk hidup. Namun sepertinya semua itu hanyalah hiasan di dinding saja, tanpa aplikasi yang merekat dan meresap dalam diri anggota Pramuka. 
Ayo tidak ada kata terlambat untuk memulainya. Bagi adik-adik yang baru bergabung dengan Pramuka. Milikilah jiwa Dasa Dharma Pramuka. Dan bagi kakak-kakak pelatih yang sudah hafal, aplikasikanlah dan berikan contoh untuk adik-adiknya agar saling mendukung. 
18 - Januari - 2013
pukul 14.00 WIB
Sekolah Ibnu Sina
 

1 komentar: