Kamis, 19 Januari 2012

Kemah Nasional 2012

Kemah Nasional adalah nama pengganti dari Jambore Nasional Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) Indonesia. Yang diadakan rutin setiap empat tahun sekali oleh Jaringan Sekolah Islam Terpadu, yang bertujuan untuk mengumpulkan seluruh tingkatan SIT se Indonesia mulai dari SDIT, SMPIT dan SMAIT agar dapat terjalinnya komunikasi dan silaturahmi antar SIT.
Kegiatan  yang diagendakan oleh panitia beraneka ragam disesuaikan dengan tingkatan sekolah agar sesuai dengan target dan tujuan. Kegiatannya adalah tehnologi dan informasi, adventure challange, kunjungan. untuk tingkat SDIT kegiatannya teropong bintang, survival kids, dan aral rintang. 
SDIT Ibnu Sina sudah ke dua kalinya mengikuti kegiatan ini, kedatangan SDIT Ibnu Sina dalam Kemnas tahun ini dengan tujuan untuk menjadi juara dalam setiap perlombaan yang diadakan oleh panitia. Untuk mencapai semua itu diperlukan latihan tambahan agar peserta dapat mengevaluasi dan mengigat kembali materi yang telah diajarkan. Latihan tambahan diadakan ketika liburan sekolah, alhamdulillah seluruh anggota pramuka regu inti ( Laba-laba dan Sedap Malam) dapat memenuhi jadwal latihan yang telah diprogram oleh pembina dan pelatih pramuka.
Selama latihan, seluruh anggota memiliki kepercayaan diri agar menjadi juara. Banyak hal yang dapat diambil saat latihan diantaranya, mempersiakan mental siswa, menambah pengetahuan kepramukaan, melatih kekompakan, melatih koordinasi dalam satu regu, dan masih banyak lagi.
Kemnas tahun ini di hadiri oleh kuragn lebih 5000 peseta dari seluruh SIT di Indonesia. Semua hadir dengan berbagai atribut untk menentukan ciri khas dari setiap sekolah atau daerahnya masing-masing. Hampir setiap area perkemahan di gapura masing-masing menggambarkan tradisi dari setiap daerahnya.
Yang sangat di sayangkan adalah cuaca yang tidak menentu, karena saat ini sedang musim penghujan, sehingga hampir setiap waktu turun hujan. Namun semua itu tidak membuat seluruh peserta untuk mengikuti setiap kegiatan. 
Di hari pertama kedatangan, sudah di sambut dengan hujan besar sehingga harus berteduh di aula. Selama di Kemnas untuk regu putri tergabung dalam kelurahan bersahaja, sedangkan regu putra di kelurahan mandiri. Untuk mendapatkan area perkemahan, kami harus mencari sendiri area perkemahannya karena menurut panitia kami terlambat mendaftar. Tapi alhamdulillah untuk area perkemahan regu laba-laba dan Sedap Malam mendapatkan tempat yang tidak jauh dari kamar mandi, agar mudah untuk ke kamar mandi.
Di hari pertama para peserta putra mengikuti kunjungan ke MAKO Brimob di depok sampai sore hari, di hari ke dua peserta di suguhkan oleh berbagai macam acara yang beraneka ragam yang di adakan di out door, diantaranya teropong bintang, survival kids dan aral rintang, Dalam survival kids, siswa diajar berbagai macam cara untuk dapat bertahan hidup di alam bebas dengan perlengkapan yang terbatas, diantaranya membuat bivak alam, obat-obatan dan memasak nasi dengan bambu dan daun pisang. Sedangkan aral rintang ada beberapa rintangan yang harus di lalui oleh peserta diantaranya tanah beracun, tiarap, melompati ban, dan gelantungan di pohon. Untuk setiap malam harinya ada juga acara yang menghibur peserta yaitu : nobar (nonton bareng) film Lima Elang dan pentas seni di setiap kelurahan masing-masing. Sebelum pulang regu laba-laba dan Sedap malam dikumpulkan di area perkemahan putra untuk acara api unggun yang di isi dengan evaluasi kegiatan dan evaluasi personil setelah mengukuti semua kegiatan serta membahas kegiatan pramuka selanjutnya untuk mempersiapkan diri lagi dalam lomba-lomba.
Upacara penutupan dimajukan dari jadwal yang sudah di rencanakan panitia. Alhamdulillah pembina dan pelatih Ibnu Sina telah menginformasikan kepada seluruh orang tua bahwa siswa-siswi SDIT Ibnu Sina akan pulang jam 13.00 WIBB. Dan akhirnya semua peserta dapat menyelesaikan semua kegiatan dengan baik serta kembali dengan selamat kerumah masing-masing.


Chairullah M Usman.S.Pd.I




1 komentar:

  1. Foto2nya pak...
    ichsan punya blog.. http://ichsanahzami.wordpress.com

    BalasHapus